Pages

Monday 16 April 2018

Ketep Pass: Spot Terbaik Menikmati Panorama Kelima Gunung di Magelang

iwanwidi.blogspot.com - Keindahan alam di Indonesia begitu banyak, sehingga kita selalu dibuat kagum dengan beberapa wisata alam yang begitu indah. Ada pantai, gunung, gardu pandang dan lain sebagainya. Berbicara soal gardu pandang, di Magelang ada sebuah tempat wisata yang cukup menarik dan terkenal untuk kita kunjungi. Pada posting-an saya kali ini, saya akan membahas soal wisata ini.

Gardu Pandang Ketep Pass adalah nama wisata yang cukup terkenal di Magelang. Di tempat ini kita bisa melihat langsung atau meneropong kegagahan Gunung Merapi pada saat cuaca cerah dan tidak tertutup awan. Lokasi ini terletak di Ketep, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah. Objek wisata ini berada di ketinggian 1200 mdpl dengan luas area kurang lebih 8000 meter.

Foto Tulisan Ketep Pass (photo by: Iwan Widi)

Pada saat saya berkunjung ke wisata ini saya tidak dapat melihat langsung Gunung Merapi karena tertutup awan. Udara yang sejuk dan dingin akan kita rasakan saat kita berada di lokasi wisata ini. Jangan khawatir juga saat panas sobat traveler karena disini tersedia beberapa gasebo yang bisa kita gunakan untuk bersantai bersama keluarga, teman maupun pasangan sambil menikmati keindahan alam. 

Museum Vulkanologi merupakan fasilitas lainnya di objek wisata ini. Museum dengan luas krang lebuh 550 m persegi ini di dalamnya berdiri miniatur Gunung Merapi, poater puncak garuda, poster peringatan dini lahar Gunung Merapi dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu saja, fasilitas lain yang tersedia disini ada juga sebuah bioskop mini. Bioskop ini bernama Ketep Volcano Theatre akan menyuguhkan sebuah film berupa sejarah tentang Gunung Merapi dan lainnya. Harga tiketnya pun tergolong murah seharga Rp. 7.000,-/orang. 

Foto Saya di Depan Ketep Volcano Theatre
(photo by: Iwan Widi)

Adapun Pelataran Pancaarga yang mempunyai arti lima gunung.Pelataran ini juga merupakan puncak tertinggi di Objek Wisata Ketep Pass ini. Dari puncak tertinggi ini traveler bisa menyaksikan 5 gunung yaitu Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro dan Gunung Slamet.Selain itu, di puncak tertinggi ini traveler bisa menyaksikan bukit-bukit indah lainnya seperti Gunung Tidar, Gunung Andong, Gunung Telomoyo dan lain sebagainya. 

Fasilitas lainnya yaitu teropong. Disini ada 2 buah teropong yang bisa kita sewa untuk melihat dengan jelas keindahan panorama Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dll. Teropong di tempat ini berada di pelataran Pancaarga dan Gardu Pandang. Harga sewanya pun tergolong murah yaitu Rp. 5.000,- saja. 

Foto Teropong di Gardu Pandang (photo by: Iwan Widi)

Tidak perlu takut haus dan lapar sobat traveler karena di tempat ini ada beberapa warung yang menjual makanan ringan mulai dari Jagung Bakar, Gorengan, Kopi dan lain sebagainya yang bisa kita nikmati sembari menikmati keindahan alam. Dengan berbagai fasilitas yang cukup menarik, destinasi wisata ini bisa menjadi salah satu tempat buat anda traveling saat berada di Magelang. 

Tempat wisata ini bisa dituju menggunakan kendaraan bermotor baik itu roda 2 maupun roda 4 dengan medan yang tergolong tidak terlalu susah untuk dilalui. Mengunjungi tempat wisata ini menggunakan Bus besar maupun Bus mini pun bisa karena memiliki tempat parkir yang cukup luas. Ketep Pass ini berjarak 30 km dari Kota Magelang dan 30 km dari Candi Borobudur. Selain itu dari Kota Boyolali 35 km, dan dari Kota Salatiga 32 km. Menemukan objek wisata ini pun tergolong mudah karena sudah tersedia di Google Maps.


Tidak banyak yang bisa saya bahas mengenai objek wisata Ketep Pass ini. Bagi anda yang penasaran dengan wisata ini, datanglah langsung ke tempat ini dengan mengajak keluarga, teman maupun pasangan anda. Terima Kasih saya ucapkan telah membaca dan mengunjungi blog saya ini. Jangan lupa membaca posting-an saya lainnya yang ada di blog saya ini. Selamat Berlibur dan Ber-selfie Ria. (Sumber: Objek Wisata Ketep Pass)


No comments:

Post a Comment