Pages

Tuesday 6 February 2018

Candi Ngawen, Candi nan Unik dan Mempesona

iwanwidi.blogspot.com - Halo Guys!!! Apa kabar? Kalau pada sebelumnya saya selalu posting soal wisata alam dan wisata air terjun, pada kesempatan kali ini saya akan mem-posting tentang candi. Candi ini masih terletak di Magelang dan mungkin kita belum pernah mendengar sebelumnya. Nama Candi ini adalah Candi Ngawen. Candi ini berlokasi di Desa Ngawen, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Candi ini berjarak 5 km sebelum Candi Mendut dari arah Yogyakarta dan juga Candi ini bercorak Budha. Menurut perkiraan, candi ini dibangun oleh Wangsa Syailendra pada abad ke-8 pada zaman Kerajaan Mataram Kuno.Seperti halnya candi lain di Magelang, candi ini juga menjadi tempat ibadah khususnya umat Budha.

Candi Ngawen

Seperti gambar diatas, mungkin candi ini tidak sebesar candi lainnya tetapi kita bisa mengunjungi wisata ini sebagai bentuk untuk menghargai warisan budaya dari lelulur kita. Bila kita berkunjung ke candi ini, kita hanya akan menemukan 1 candi yang masih berdiri kokoh sedangkan keempat candi yang berderet di disekitarnya hanya tersisa reruntuhan saja. Seperti pada gambar di bawah ini.

Foto Candi Ngawen Difoto dari Samping (photo by: Iwan Widi)

Meskipun begitu, candi ini bisa masuk agenda travelling anda saat anda berkunjung ke Magelang. Suasana sepi dan keindahan alam disekitar candi ini bisa menjadi daya tarik tersendiri saat kita ke tempat  ini. Relief -relief yang ada di candi ini juga cukup menarik untuk kita lihat secara seksama. Sebenarnya banyak relief yang ada di candi ini tetapi saya hanya akan sedikit membagikan kepada anda semua. Berikut foto relief yang saya ambil di lokasi wisata ini.


Relief di Reruntuhan Candi 

Relief Berbentuk Gajah di Candi

Seperti juga saat kita berkunjung ke wisata candi lainnya, bila kita berkunjung saat siang hari maka kita akan kepanasan. Maka dari itu kita bisa membawa topi sebagai penutup kepala kita dari teriknya panas matahari. Untuk fasilitas di candi ini, kita bisa parkir kendaraan kita di luar lokasi candi selain itu kita juga bisa membeli makanan di sekitar candi. Harga tiket masuknya Free alias Gratis guys, kita hanya akan mengisi buku tamu saat kita berkunjung ke lokasi ini. Candi Ngawen ini bisa diakses dengan kendaraan baik itu roda 2 maupun roda 4. Untuk lebih jelasnya lokasi wisata ini, kita bisa menggunakan GPS. Gimana Guys? Tertarik mengunjungi Candi Ngawen ini? 

Candi Ngawen Dilihat dari Jauh

Mungkin ini saja yang bisa bagikan kepada anda tentang Candi Ngawen ini. Tidak banyak memang yang bisa saya ceritakan tentang candi ini, semoga posting-an saya ini bermanfaat bagi anda semua pengunjung dan pembaca posting-an saya ini. Tetap jaga kebersihan dan mentaati peraturan dimanapun kita travelling ya Guys. Akhir kata saya ucapkan banyak Terima Kasih telah berkunjung di blog saya ini. Setiap kesalahan dalam penulisan dalam posting-an ini, saya mohon maaf. Sekian dan Terima Kasih. Shalom.(sumber: Wisata Candi Ngawen)



  


No comments:

Post a Comment